kunci kesuksesan

Punya Karyawan yang Loyal, Ini Kunci Kesuksesan Reed Hasting Dalam Mendirikan Netflix!

Karyawan Anda tidak betah, sehingga Anda harus sering gonta-ganti karyawan? Ingin karyawan di bisnis bisa loyal dan bekerja lebih lama dengan Anda? Yuk simak kunci kesuksesan Reed Hasting, founder Netflix hingga mampu membuat karyawannya menjadi loyal!

Berawal dari Hobi Menyewa DVD

Sebagai seorang yang gemar menonton film, Hasting adalah pelanggan setia DVD rental. Saat itu, bisnis rental DVD memang menjadi alternatif bagi seseorang yang ingin menonton film dirumah.

Suatu hari, pria kelahiran 8 Oktober 1960 di Boston, Amerika Serikat ini tidak menyangka bahwa Ia harus membayar denda akibat keterlambatan pengembalian DVD. Ia harus mengeluarkan $40 untuk membayar dendanya. Melihat hal tersebut, Hasting ingin mencari alternatif bisnis rental DVD yang lebih efisien.

Baca juga:

Mulai Mendirikan Netflix

Ia mulai mendirikan perusahaan penyewaan DVD nya sendiri, Netflix pada tahun 1997. Konsep yang Ia buat adalah menyewakan DVD dengan sistem digital dan keanggotaan (membership). Netflix baru mengeluarkan layanan streaming secara online di tahun 2007.

Pada tahun 2013, Netflix merilis serial drama berepisode yakni house of Cards. Dari serial ini, Netflix melanjutkan proyeknya untuk membuat serial dan film yang Netflix keluarkan sendiri hingga saat ini.

Punya Karyawan yang Loyal

Rahasia lain yang menjadi kunci kesuksesan dari Netflix adalah karyawannya yang sangat loyal. Bagaimana tidak, Netflix menerapkan kebijakan yang sangat menguntungkan karyawan, dimana karyawannya diizinkan cuti sepanjang tahun bagi yang baru melahirkan buah hati.

Walau cuti sepanjang tahun, Netflix tetap membayarkan hak gaji karyawannya. Hal ini membuat karyawan yang bekerja di Netflix menjadi betah dan loyal terhadap perusahaannya.

Selain cuti sepanjang tahun, Hasting juga menerapkan kebijakan “liburan tanpa batas”, yaitu karyawan dapat dengan bebas memutuskan kapan waktu untuk bekerja dan istirahat.

Hasting mengatakan pihaknya telah menemukan cara memberi karyawan Netflix yang berkinerja tinggi sedikit lebih banyak kendali atas hidup mereka, dan kontrol itu membuat semua orang merasa sedikit lebih bebas.

Kunci Kesuksesan Supaya Karyawan Menjadi Loyal!

Menjadi salah satu kunci kesuksesan Netflix, ternyata peran karyawan yang loyal di bisnis sangatlah penting. Untuk itu, Anda harus bisa membuat karyawan di bisnis menjadi loyal!

Menurut Global Awards Winning Business Coach, Coach Yohanes G. Pauly, kunci kesuksesan dalam membuat karyawan menjadi loyal dapat Anda lakukan melalui 3 aktivitas ini, yaitu:

Team Ritual

Team ritual adalah kegiatan yang dilakukan secara rutin oleh karyawan dan dilakukan secara bersama-sama, atau bisa berkelompok. Kegiatan ini dimaksudkan untuk membangun culture kerja yang FUN namun tetap serius.

Anda bisa membuat peraturan misalnya  setiap hari Senin karyawan bebas memakai pakaian apa saja. Hal sekecil ini dapat membangun rasa kenyamanan karyawan terhadap budaya kerja yang lebih santai dan tidak monoton.

Anda juga bisa membuat kegiatan yang dapat mengenal karyawan satu sama lain secara personal, misalnya melalui HUGGing (Having Unity in Gratitude to God). Dengan kegiatan semacam ini, team Anda bisa saling mengungkapkan rasa syukurnya dan bisa mengetahui apa saja hal yang dihadapi rekan kerja secara lebih mendalam.

kunci kesuksesan

Team Events

Lalu yang kedua, Anda bisa membuat kegiatan atau acara yang menyenangkan. Acara ini bisa Anda lakukan secara periodik, misal setiap target tercapai selama 3 bulan sekali, atau setahun sekali ke tempat-tempat wisata yang jauh.

Anda juga bisa melakukan kegiatan outbound yang dilakukan setiap 6 bulan sekali. Kegiatan semacam ini akan menumbuhkan rasa kebersamaan serta kenyamanan karyawan terhadap bisnis Anda.

Reward and consequences

Anda bisa menerapkan reward and consequences sebagai bentuk feedback dari tanggung jawab yang karyawan Anda lakukan.

Contoh reward yang bisa diberikan adalah dengan memberikan uang makan harian tiap kali karyawan datang tepat waktu.

Lalu consequence yang sebanding adalah dengan tidak memberikan uang makan bagi yang datang telat di hari itu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *