Bisnis Startup

Jalankan Bisnis Startup Tiktok-Bytedance, Simak Kisah Sukses Zhang Yiming ini!

Hampir semua orang saat ini sudah mengetahui salah satu platform berbagi video yang banyak digunakan semua kalangan, Tiktok. Platform Tiktok semakin dikenal luas seiring kontennya yang sering dibahas oleh kalangan influencer di Internet. Namun, ada kisah menarik dari Seorang Zhang Yiming, orang yang berperan penting dibalik dikenalnya bisnis startup Tiktok-Bytedance.

Profil

Zhang Yiming adalah seorang lulusan software engineering di Nankai University. Zhang melanjutkan karirnya sebagai seorang engineer di perusahaan startup biro perjalanan online, Kuxun,setelah bekerja satu tahun lamanya. Namun, pada tahun 2008, Ia memutuskan untuk keluar dari Kuxun dan bergabung ke Microsoft.

Karena Ia merasa budaya kerja di Microsoft tidak sesuai dengan ekspetasinya, Ia keluar dari perusahaan tersebut dan bergabung ke perusahaan rintisan, Fanfou.

Lahirnya Tiktok

Pada tahun 2009, setelah Fanfou bangkrut, Zhang mendirikan bisnis startup pertamanya yang Ia beri nama 99fang.com melalui akuisisi Kuxun. 2 tahun setelahnya, Ia melihat potensi pengguna smartphone yang semakin meningkat. Dari situ Ia meng-hire CEO untuk mengurus 99fang.com, dan Zhang sendiri keluar untuk mendirikan Bytedance.

Produk pertama Bytedance adalah Toutiao, sebuah platform berita yang didukung AI. Lalu pada September 2015, Bytedance meluncurkan aplikasi barunya, yaitu Tiktok, sebuah aplikasi berbagi video yang popular saat ini.

Sebagai platform berbagi video yang terbilang cukup baru, Zhang memberi sentuhan akhir yang memberikan customer experience berbeda dengan platform berbagi video lainnya.

Tiktok menawarkan konsep instant video yang cukup pragmatis, dimana video yang ditampilkan langsung menuju kontennya, tanpa intro yang memakan waktu. Hal ini yang membuat audiens Tiktok semakin betah untuk menggunakan platform ini.

Baca juga:

Rahasia Memulai Bisnis Startup

Dengan maraknya bisnis startup yang sukses seperti Tiktok yang dibuat oleh Zhang, tentu hal ini menginspirasi para calon entrepreneur untuk bisa memulainya juga.

Global Awards Winning Business Coach, Coach Yohanes G. Pauly, berpendapat bahwa dalam membangun bisnis Anda harus punya target jangka pendek dan target jangka panjang. Target jangka pendek ini bisa menggunakan prinsip SMARTER Business Goals untuk membantu Anda memulainya.

Smarter adalah singkatan dari Specific (spesifik), Measurable (dapat diukur), Achievable (dapat dicapai), Result-oriented (orientasi ke hasil), Timeframe (punya jangka waktu), Expressed positively (disebutkan secara positif), dan Recorded & reviewed (dicatat dan di-review).

Specific (Spesifik)

Sebagai pemilik bisnis, Anda harus memiliki target yang jelas dan spesifik. Yaitu hal apa yang ingin Anda capai di bisnis dalam waktu dekat. Atau, berapa jumlah penjualan yang Anda targetkan setiap bulannya.

Bisnis Startup

Measurable (dapat diukur)

Coach Yohanes G.Pauly, target yang Anda buat selain spesifik juga harus bisa diukur. Dalam artian, harus ada angka dan indikator yang menjadi acuan tercapainya target tersebut.

Achievable (dapat dicapai)

Anda harus membuat target bisnis secara realistis sesuai dengan kemampuan Anda mencapainya. Para pemilik bisnis boleh saja untuk optimis, tapi harus tetap realistis.

Result-oriented (berorientasi hasil)

Tujuan dari SMARTER business goals yaitu supaya pemilik bisnis bisa berorientasi pada target yang bisa dicapai dalam jangka pendek.

“Meskipun strategi yang dilakukan berbeda dengan apa yang Anda buat diawal, fokus utama adalah untuk mencapai target.” jelas Coach Yohanes G. Pauly

Timeframe (jangka waktu)

Target jangka pendek yang Anda buat tentu harus jelas tenggat waktunya. Oleh karena itu, Anda harus menentukan berapa lama target tersebut dapat tercapai.

Expressed positively (disebutkan secara positif)

Business plan yang Anda buat harus menjadi motivasi bagi Anda dan team supaya bisa bekerja lebih keras lagi dalam mencapai target, bukan menjadikannya sebagai beban pikiran yang justru membuat pekerjaan menjadi tidak maksimal.

Recorded & reviewed (dicatat & di-review)

Progress yang berjalan pada bisnis Anda bisa dicatat sebagai bahan evaluasi dan perencanaan kedepannya. Jadi, Anda bisa memproyeksikan next action yang bisa dilakukan di bulan kedepannya berdasar catatan bulan sebelumnya!

Bagaimana? Sudahkan Anda punya SMARTER business goals di bisnis Anda?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *