Cara promosi produk

Cara Promosi Produk ini Jadikan Aqua Sebagai Merek AMDK No 1 di Indonesia!

Ingin produk di bisnis bisa lebih didatangi banyak customer, tapi tidak tahu bagaimana caranya? Yuk belajar cara promosi produk dari raja air mineral Indonesia, Aqua!

Kurangnya Air Bersih

Siapa sangka, ide awal dari pendirian Aqua bermula karena belum lazimnya masyarakat minum air bersih steril.

Tirto Utomo, calon pendiri Aqua pernah mendapat kesempatan menjamu delegasi dari Amerika dalam kunjungan ke perusahaan Pertamina, tempat Ia bekerja. Pria kelahiran Wonosobo, 9 Maret 1930 ini mendapat banyak keluhan karena delegasinya harus menderita diare karena air minum yang disajikan adalah air tanah yang direbus.

Melihat hal tersebut, Tirto berpikir ada peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan dari kebiasaan masyarakat yang masih minum air tanah.

Baca juga:

Berani Ambil Resiko

Tirto berani mengambil langkah yang cukup berani saat itu, yaitu menjual air minum kemasan. Banyak orang yang mencemooh ide Tirto, karena kebanyakan masyarakat saat itu mengkonsumsi air yang direbus sendiri.

Dengan menghiraukan segala sindiran, Ia resmi mendirikan PT. Golden Mississippi yang menjadi cikal bakal Aqua setelah pensiun dini di Pertamina.

Menjadi Pelopor AMDK di Indonesia

Sebagai perusahaan pertama yang menjual air mineral, tentu tak mudah bagi Aqua diawal untuk mendapatkan customer.

Aqua pada penjualan perdananya menawarkan produknya di sekitar terminal bus serta sepanjang jalan pantura. Hasilnya pun cukup baik, karena masyarakat yang sedang beraktivitas di luar rumah membutuhkan air minum yang praktis dan bisa didapatkan dimana saja.

Lambat laun, Aqua perlahan dikenal oleh masyarakat Indonesia setelah berhasil memasuki segmen pasar yang lebih luas, yaitu menengah keatas. Hal ini ditandai dengan keberadaan Aqua di hotel-hotel Jakarta.

Cara Promosi Produk Aqua: Ciptakan discriminator!

Sebagai pionir perusahaan air mineral di Indonesia, Aqua menciptakan discriminator sebagai cara promosi produk , yaitu air minum yang dikemas dalam bentuk botol sekali pakai yang praktis serta mudah dibawa kemana saja.

Menurut Global Awards Winning Business Coach, Coach Yohanes G. Pauly, discriminator adalah pembeda, ciri khas, dan keunikan yang hanya dimiliki oleh bisnis tertentu saja.

Saat itu, masyarakat masih menggunakan botol minum yang dapat diisi ulang dengan air minum rebusan. Dengan adanya air minum kemasan berbotol sekali pakai, masyarakat tidak perlu membawa air minum lagi dari rumah, dan cukup perlu membeli Aqua diluar.

Cara Promosi Produk Aqua: Perception is Reality!

Hal ini sangat tepat disematkan untuk Tirto Utomo dalam cara promosi produk Aqua-nya.

Produk Aqua sangat terlihat sederhana karena menjual air mineral yang mayoritasnya bisa ditemukan di seluruh rumah, Namun, ada persepsi yang membuat calon customer melihat Aqua berbeda dari air minum lainnya.

Aqua adalah pionir dari AMDK di Indonesia. Sebelum orang-orang mengenal beberapa merek AMDK seperti sekarang ini, Aqua adalah merek pertama yang berhasil membangun brand awareness air putih pertama di Indonesia.

Menurut Coach Yohanes, pemilik bisnis harus bisa memberikan emotional benefit kedalam produk, disamping dari segi fungsionalnya

Cara promosi produk

Ketika calon customer membeli AMDK di warung atau supermarket, maka calon customer lebih sering mengatakan “Aqua” dibanding “air mineral/air putih”.

Tanpa disadari, hal ini menciptakan persepsi bahwa untuk membeli air minum, maka pembeli harus mengatakan “Aqua” kepada penjualnya.

Karena persepsi yang tercipta inilah Aqua menjadi brand AMDK nomor 1 di Indonesia!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *