Cara Berbisnis

Cara Berbisnis Ritel Fashion ala Matahari Department Store agar Bisa Laris!

Punya bisnis fashion, tapi produk sulit terjual? Sudah melakukan segala macam jenis pemasaran, tapi hasilnya belum maksimal? Yuk belajar cara berbisnis ritel fashion ala Hari Darmawan, founder Matahari Department Store agarbisnis fashion Anda bisa laris!

Masa Kecil yang Sulit

Hari Darmawan adalah anak seorang pengusaha yang berkecimpung di produk pertanian. Pria kelahiran 27 Mei 1940 di Makassar ini sudah melihat orangtuanya bangkrut saat Ia berusia 5 tahun. Sejak itu, Ia belajar ketekunan dan kerja keras dari orangtuanya.

Setamat SMA, Hari memilih merantau ke Jakarta untuk mencari pekerjaan. Disana, Ia menikah dengan Anna Janti dan membeli toko pakaian milik mertua nya seharga 1 juta rupiah dengan cara dicicil.

Awal Merintis Bisnis

Toko yang Ia beli dari mertuanya tersebut menjual berbagai pakaian impor serta baju buatan istrinya, dengan nama brand MM (Mickey Mouse).

Ia memiliki kompetitor yang lokasinya persis disamping tokonya, yaitu Toko De Zion. Toko De Zion ini pada akhirnya dibeli oleh Hari Darmawan karena tengah mengalami kesulitan keuangan dan Hari kemudian mengganti nama toko tersebut menjadi Matahari.

Baca juga:

Berdirinya Matahari Department Store

Hari mulai berfokus di toko Matahari. Ia memiliki strategi penjualan yang menarik, dimana Ia memajang produknya selengkap mungkin di depan dan seluruh area toko, sehingga customer yang datang bisa melihat barang sesuka hati.

Melalui cara berbisnis yang Ia terapkan, Matahari perlahan berubah menjadi toko besar dan menjadi pelopor Department Store di Indonesia.  Ia juga menambah produk rumah tangga untuk dijual, jadi tidak terbatas pada pakaian saja.

Menjadi satu-satunya toko ritel tanpa pesaing, Hari terus berekspansi dengan mendirikan cabang lain di luar Jakarta. Ia juga berinovasi dengan mendirikan Timezone di Matahari tersebut, sehingga anak yang ikut belanja dengan tidak akan bosan.

Cara Berbisnis Ritel Fashion

Untuk bisa sukses di bidang ritel fashion, cara berbisnis yang bisa Anda terapkan yaitu melalui strategi leads conversion dari 4 Kaki Meja Bangun Bisnis Sukses yang Profitable & AUTO-PILOT oleh Global Awards Winning Business Coach, Coach Yohanes G. Pauly.

Cara berbisnis ritel fashion melalui strategi leads conversion terdiri dari 3 tips yaitu:

Special Offer

Anda bisa membuat penawaran spesial (Special Offer) untuk bisa meningkatkan penjualan pakaian. Ingat, special offer bukan berarti Anda perang harga ya!

Strategi special offer adalah bentuk pricing strategy yang menawarkan harga khusus di waktu tertentu dan tentunya tidak merugikan bisnis.

Misalnya saja Anda memberikan special offer untuk jaket wanita sebesar 30% dari harga normal.

Jaket wanita dengan special offer tersebut bisa Anda letakkan di bagian depan pintu masuk. Jadi begitu calon customer masuk, mereka akan langsung melihat special offer dan tertarik untuk membeli jaket tersebut.

Cara Berbisnis

Scarcity

Setiap pakaian yang dijual tentu memiliki brand yang berbeda-beda. Anda bisa memanfaatkanya untuk menjual brand yang paling banyak dicari dengan jumlah yang terbatas. Perilaku konsumen cenderung menyukai produk yang limited edition, dan membuat calon customer semakin terburu-buru untuk membelinya.

Urgency

Anda bisa memanfaatkan penjualan dengan waktu yang terbatas. Biasanya, calon customer akan lebih mudah mengambil keputusan pembelian ketika produk yang dijual hanya tersedia beberapa jam.

Selain itu, Anda bisa juga menggunakan momen penting untuk melakukan penjualan terbatas. Seperti Harbolnas, new year sale, dan midnite sale.

Bagaimana, apakah Anda sudah siap menerapkan cara berbisnis tersebut di toko ritel fashion Anda?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *