Cara Berbisnis yang Sukses

Belajar Cara Berbisnis yang Sukses dari Ronny Lukito, Founder Eiger!

Sudah melakukan segala jenis strategi, tapi bisnis masih belum berkembang? Yuk belajar cara berbisnis yang sukses dari Ronny Lukito, Founder dari Eiger!

Berawal dari Menjual Susu Keliling

Sejak kecil, Ronny Lukito berasal dari keluarga sederhana.Saat Ia masih duduk di bangku menengah atas, Ia pernah menjual susu keliling untuk membantu ekonomi keluarga.

Selepas lulus SMA, Ronny berniat melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. Namun, Ia terpaksa mengurungkan niatnya karena keterbatasan biaya. Tak berhenti dari situ, Ia juga memutuskan untuk mencari pekerjaan. Namun, Ia lagi-lagi mengurungkan niatnya karena Ia satu-satunya laki-laki yang menjadi penerus toko tas orangtuanya.

Pada tahun 1976, toko ayahnya mulai membuat tas sendiri dengan merek Butterfly. Ia menawarkan produk tas tersebut ke department store seperti Matahari. Walau baru diterima sedikit, usahanya berkembang secara perlahan.

Baca juga:

Berdirinya Eiger

Tas yang diproduksi oleh Ronny semakin berkembang. Berbagai macam tas sudah berhasil masuk ke beberapa department store di Indonesia. Barulah pada tahun 1993, Ronny pertama kali memproduksi tas bermerek Eiger. Merek tas yang diambil dari nama gunung di Swiss ini diperuntukkan untuk aktivitas outdoor.

Saat itu, Ronny sudah memiliki rumah tambahan seluas 600m2 untuk menambah ruang produksi bisnis tas Eiger. Ronny yang tidak sempat mengenyam bangku perkuliahan juga gigih untuk terus belajar mengenai strategi pemasaran, dengan rajin mengikuti seminar bisnis.  Hingga saat ini, Eiger masih merajai pasar tas dan peralatan outdoor di Indonesia.

Cara berbisnis yang Sukses ala Ronny: Jangan Mudah Menyerah!

Ronny Lukito memang tidak pernah mengenyam bangku pendidikan di perguruan tinggi. Namun, dengan semangat dan kegigihan dalam meneruskan usaha orangtuanya, Ia dapat menemukan celah pasar yang membuatnya sukses seperti sekarang.

Cara berbisnis yang sukses ala Ronny ini dapat dilihat dari usahanya dalam mencoba segala sesuatu meski sudah gagal berulang kali. Saat ingin meminta Matahari Department Store untuk menjual produk tasnya, Ia bahkan ditolak hingga 12 kali. Barulah pada yang ke-13 produk tas milik Ronny berhasil diterima.

Cara Berbisnis yang Sukses ala Ronny: Berani Beda!

Ronny juga berani untuk berani memproduksi jenis tas yang berbeda dari biasanya. Jika Ia sebelumnya memproduksi tas backpack rumahan, di tahun 1993 Ia mulai berinovasi dengan membuat tas outdoor bermerek Eiger.

Tentu, untuk membuat produk yang berbeda dan mencolok di mata konsumen, pemilik bisnis harus bisa membuat pembeda atau discriminator. Discriminator adalah sebuah pembeda, ciri khas, dan keunikan yang hanya dimiliki oleh bisnis Anda dan tidak dimiliki oleh bisnis lain yang bukan dari segi harga.

Cara Berbisnis yang Sukses

“Kenapa harus punya discriminator? Karena kalau produk atau jasa Anda tidak punya perbedaan unik yang membedakan dengan kompetitor, ujung-ujungnya yang membedakan hanya lah harga saja. Akibatnya Anda terjebak dalam perang harga yang tidak berkehabisan.” ucap Global Awards Winning Business Coach, Coach Yohanes G. Pauly.

Ronny Loekito berhasil menciptakan discriminator pada produk barunya, yaitu tas yang digunakan untuk kebutuhan outdoor, khususnya travelling dan hiking. Tidak seperti tas outdoor pada umumnya, Eiger mengkhusukan spesifikasi dan model tasnya untuk perjalanan tropis atau tropical adventure, sesuai dengan tagline-nya.

Sudah cukup belajar cara berbisnis yang sukses dari Ronny Loekito? Yuk segera terapkan di bisnis Anda juga!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *